Selasa, 19 Juli 2011

Makan Ikan, bikin mata sehat looh. .

Untuk mendapatkan nutrisi bagi kesehatan mata, Anda tidak hanya bisa mendapatkannya dari wortel atau brokoli saja, namun bisa juga dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan Omega-3 secara teratur.
Mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah timbulnya age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi macula, yakni suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap. Asam lemak omega-3 ini paling sering ditemukan pada ikan berminyak, seperti ikan tuna dan salmon kalengan.
AMD disebabkan oleh adanya penurunan dan kematian sel-sel di macula, salah satu bagian retina yang berfungsi untuk melihat lurus ke depan. Penyakit ini terutama menyerang orang yang berumur lebih dari 40 tahun. Ia merampas penglihatan si penderita dengan membuat bercak hitam di pusat penglihatan mereka yang secara perlahan akan semakin membesar.
Berdasarkan penelitian, para peneliti menemukan bahwa dengan mengonsumsi satu atau dua porsi ikan per minggu, bisa mengurangi resiko pengurangan penglihatan hingga 42 persen pada wanita yang lebih tua. Temuan ini turut mendukung penelitian sebelumnya yang juga menunjukan hasil yang sama pada pria.
“Penurunan resiko ini tampaknya disebabkan oleh konsumsi ikan tuna dan ikan dengan daging berwarna gelap,” ujar Dr William Christen, seorang penulis utama dari Harvard Medical School.
Untuk mendapatkan hasil, tim dari Harvard Medical School didukung oleh lebih dari 38000 wanita. Kuesioner dibagikan kepada para peserta guna menilai kebiasaan makan mereka termasuk berapa banyak asupan asam lemak omega-3 di setiap mereka makan. Pada awalnya setiap peserta ini terbebas dari AMD.
Selama tindak lanjut dalam kurun waktu 10 tahun, kesehatan mata para wanita itu dilacak dan hanya fokus pada AMD. Hasilnya, sebanyak 235 perempuan terkena AMD.
Wanita yang mengonsumsi ikan minimal satu kali dalam seminggu, kemungkinannya 42% lebih kecil untuk mengalami penurunan penglihatan ketimbang mereka yang kurang dari satu porsi ikan per bulan. Hasil penelitian menunjukan perempuan yang paling sering mengonsumsi asam lemak omega 3 pada ikan memiliki resiko lebih rendah. Hampir 38 persen mengalami penurunan penglihatan daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.
Omega 3, dalam makanan bentuk eicosapentaenoic asam (EPA) dan asam Docosahexaenoic (DHA) juga bisa digunakan sebagai suplemen.
Kesimpulan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Ophthalmology menyatakan;
“Secara ringkas, data prospektif dari populasi besar atas wanita tanpa diagnosis AMD sebelumnya menunjukan bahwa mengonsumsi EPA, DHA, dan ikan dengan teratur secara signifikan bisa mengurangi resiko AMD.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar